PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PANGGUNG BONEKA TANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK CENDRAWASIH SAMARINDA TAHUN 2017
Abstract
The problem in this research is there is the ability of talking children that have not developed in
group B1 in TK Cendrawasih Samarinda, Lack of teacher attention to the ability to speak children
can be seen during the learning activities. So researchers and teachers agreed to improve the
ability to talk through stage hand puppet. Purpose this issue is whether “the media stage hand
puppet influnce on the ability to speak children age 5-6 years in TK Cendrawasih Samarinda?”
and “Is there a change in the ability to speak children aged 5-6 years in TK Cendrawasih Samarinda
before using the puppet stage with hands after using the hand puppet stage?”. Subjects in this
study were group B children, amounting to 10 children. While in this action research is improvement
of speech ability of child group B observed using observation format of child. The results showed
that the ability to speak to group B children in TK Cendrawasih Samarinda increased with the
results in cycle I to get the amount of 505 with an average grade of 50.5 falling into the category of
children beginning to develop. Cycle II obtained a total of 761 points with an average score of 76.1
which belonged to the category of children has developing as expected. Based on the result of the
research, it can be concluded that the improvement of speech ability in children aged 5-6 years in
TK Cendrawasih Samarinda 2017/2018 academic year can be achieved with the media of hand
puppet stage.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat kemampuan berbicara anak yang belum
berkembang pada kelompok usia 5-6 tahun di TK Cendrawasih Samarinda. Kurangnya perhatian
guru terhadap kemampaun berbicara anak dapat dilihat pada saat kegiatan pembelajaran,
sehingga peneliti dan guru sepakat untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui panggung
boneka tangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah media panggung boneka
tangan memberikan pengaruh terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK
Cendrawasih samarinda?” dan “Bagaimanakah terjadi perubahan kemampuan berbicara anak
usia 5-6 tahun di TK Cendrawasih Samarinda sebelum menggunakan panggung boneka tangan
dengan sesudah menggunakan panggung boneka tangan?”. Subjek pada penelitian ini adalah
anak kelompok B yang berjumlah 10 orang anak. Sedangkan pada penelitian tindakan ini adalah
peningkatan kemampuan berbicara anak kelompok B yang diamati menggunakan format
observasi anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara pada anak kelompok
B di TK Cendrawasi Samarinda mengalami peningkatan dengan hasil pada siklus I memperoleh
jumlah nilai 505 dengan nilai rata-rata 50,5 yang termasuk dalam katagori anak mulai
berkembang. Siklus II memperoleh jumlah nilai 761 dengan nilai rata-rata 76,1 yang termasuk
kategori anak sudah berkembang sesuai harapan. Berdarkan hasil penelitian tersebut maka
dapat disimpulakan bahwa peningkatan kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di TK
Cendrawasih samarinda tahun ajaran 2017/2018 dapat tercapai dengan media panggung boneka
tangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azhar, Arsyad.2009. Media Pembelajaran: PT RJ
Grafindo
Burhan Nurgiyanto.1995.Penilaian dalam
Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Yogyakarta : BPFE
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.2012.
Petunjuk Teknis Penyelenggaraaan
Kelompok Bermain.
Henry Guntur Tarigan.2008.Berbicara Sebagai
Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung
:Angkasa
Jovita Maria Ferlianadan Agustina.2014.
Meningkatkan Kemampuan berkomunikasi
Aktif Pada Anak Usia Dini.Luxima’
Muhammad Fadillah dan Lilif Maulifah Khorida.
Pendidikan Karakter Anak Usia Dini
Konsep Dan Aplikasinya Dalam Paud.
Jogjakarta: Ar Puzz Media
Nuryan Ely. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta
Novan,Ardy Wiyana. 2015. Bina Akrab Anak Usia
Dini.Jogjakarta: Ar Ruzz Media
Rusdinal dan Elizar. 2015. Pengelolaan Kelas
Taman Kanak-Kanak. Jakarta
Sudarna. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini
Berkarakter. Jogjakarta: Genius Publisher
Yuliani, Nurani Sujiono. 2009. Konsep Dasar
Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Tarigan, Djago. 1997. Pengembangan
Keterampilan Berbicara. Jakarta:Depdikbud
Supriyadi, dkk. 2005. Pendidikan Indonesia 2.
Jakarta : Depdikbud
Refbacks
- There are currently no refbacks.