PEMAHAMAN KONSEP LITERASI IPA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Abstract
Literasi IPA di Indonesia masih rendah di bandingkan negara lain, salah satu faktornya adalah
kurangnya pemahaman literasi IPA, salah satunya oleh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah
Dasar sebagai calon guru. Rumusan masalah yaitu bagaimanakah pemahaman konsep literasi
IPA pada mahasiswa PGSD Universitas Syiah Kuala. Pendekatan penelitian adalah study
deskriptif. Subjeknya adalah mahasiswa semester ganjil 2017/2018 PGSD FKIP berjumlah 24
mahasiswa. Pengumpulan data adalah tes. Tehnik analisis rumus persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa sebahagian mahasiswa PGSD Unsyiah telah memahami konsep literasi
IPA. Pada komponen konsep dasar literasi IPA mencapai 61% (tinggi), proses IPA adalah 58%
(cukup tinggi), konten IPA 54% (cukup tinggi), dan konteks aplikasi IPA 38% (rendah). Pemahaman
mahasiswa masih rendah pada konsep tujuan literasi IPA; cara mengaplikasikan beberapa
pengetahuan ilmiah dan kemampuan mempertimbangkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun
kesimpulannya bahwa pemahaman konsep literasi IPA pada mahasiswa PGSD Universitas
Syiah Kuala mencapai 53% berada pada kategori cukup tinggi. Perlu adanya peningkatan
penerapan pembelajaran berbasis literasi IPA pada perkuliahan pembelajaran IPA yang
menekankan pada aspek proses IPA, konten IPA, konteks aplikasi IPA melalui pengamatan
langsung, merancang teknologi sederhana, menulis laporan-laporan dari kegiatan pembelajaran
IPA.
IPA literacy in Indonesia is still low compared to other countries, one of the factors is the lack of
understanding of science literacy, one of them is by elementary school teacher education as a
teacher candidate. The formulation of the problem is how to understand the concept of science
literacy in PGSD students of Syiah Kuala University. The research approach is descriptive study.
The subject is an odd semester student 2017/2018 PGSD FKIP totaling 24 students. Data collection
is a test. Technique of analysis of percentage formula. The results showed that some students of
PGSD Unsyiah have understood the concept of IPA literacy. In IPA literacy basic concept components
reach 61% (high), IPA process is 58% (high enough), IPA content 54% (high enough), and 38%
(low) IPA application context. Understanding of students is still low on the concept of IPA literacy
purposes; how to apply some scientific knowledge and the ability to consider in everyday life. The
conclusion that the understanding of the concept of science literacy in PGSD students Syiah
Kuala University reached 53% is in the category high enough. There needs to be an increase in
the application of IPA-based lecture learning to science lectures that emphasize aspects of the
IPA process, IPA content, the context of IPA applications through direct observation, designing
simple technology, writing reports from science learning activities.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi (2013). Prosedur Penelitian:
Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Akdon,. (2008). Aplikasi Statistika Dan Metode
Penelitian Untuk Administrasi Dan
Manajemen. Bandung: Dewa Ruchi.
Abdul haris, oja, dan citron s payu (2014). Analisis
Kempampuan Awal Literasi Sains Siswa
Pada Konsep IPA. [Proseding Seminar
Nasional Kimia, ISBN: 978-602-0951-00-3]
Hayat, Bahrul dan Yusuf, Suhendra (2011)
Benchmark Internasional Mutu Pendidikan.
Jakarta: Bumi Aksara.
Wheeler-Toopen. (2014). Cara Menulis sains: Kiatkiat
Mengajarkan Praktikum Sains di TK,
SD, hingga SMP. Jakarta: Indeks.
Sardinah, dkk (2012). Relevansi Sikap ilmiah
dengan konsep hakikat sains dalam
pelaksanaan percobaab pada pembelajaeran
IPA di SDN kota Banda Aceh. [Jurnal
Pendidikan Serambi Ilmu. Vol. 13, No.2, Hal
-124, Banda Aceh September 2012)
Tursinawati. (2017). Analisis Kemunculan Sikap
Ilmiah Pada Rubrik Penilaian Sikap Subtema
Macam-Macam Sumber Energi Di Kelas IV
Sekolah Dasar. [Jurnal Educhild, Vol.6, No.1,
Februari 2017]
Yusuf, Hilmi Adisendjaja. Analisis Buku Ajar
Biologi Sma Kelas X Di Kota Bandung
Berdasarkan Literasi Sains. Bandung: UPI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.