PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS XII IPA 2 SMA NEGERI 1 KATEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Penulis menemukan bahwa siswa masih kesulitan dalam menulis esai. Kemampuan siswa
dalam menulis esai secara keseluruhan masih rendah. Hal ini dapat terlihat dari nilai ulangan
siswa yang rata-ratanya masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 60, sementara
KKM yang telah ditetapkan oleh guru e” 75. Nilai terendah siswa juga jauh berada di bawah KKM
yaitu 50. Hal ini mencerminkan bahwa pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran bahasa
Indonesia masih kurang memuaskan. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan
Kemampuan Menulis Esai dengan Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas XII IPA
2 SMA Negeri 1 Kateman Tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri
1 Kateman. Waktu yang dibutuhkan untuk penelitian ini dperkirakan adalah satu setengah bulan
yaitu semenjak bulan Februari 2016 s/d Maret 2016. Terhitung dari waktu perencanaan sampai
penulisan laporan hasil penelitian. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XII IPA 2 SMA Negeri
1 Kateman Tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 orang. Hasil pembahasan pada
penelitian ini sebagai berikut. Kemampuan membuat esai siswa pada tahap menulis meningkat
pada siklus II. Peningkatan terjadi hampir pada semua aspek yang diamati pada setiap pertemuan.
Pembelajaran dengan pembelajaran model picture and picture dapat meningkatkan keaktifan
peserta didik dalam belajar kelompok. Terdapat peningkatan rata-rata hasil ulangan akhir siklus.
Adanya peningkatan jumlah peserta didik yang mendapat nilai e” 75 dari satu siklus ke siklus
yang lain. Adanya peningkatan respons peserta didik terhadap pembelajaran. Pembelajaran
model picture and picture dapat meminimalkan kesulitan belajar peserta didik.
The authors found that students still had difficulty in writing essays. Students’ ability to write
essays as a whole is still low. This can be seen from the student’s average score is still below
the minimum completeness criteria (KKM) that is 60, while the KKM which has been established
by the teacher e” 75. The lowest score of students is also far below the KKM is 50. This reflects
that students’ understanding of Indonesian language learning materials is still not satisfactory.
The purpose of this action research is to improve the Essay Writing Skill by Model Learning
Picture and Picture Student Class XII IPA 2 SMA Negeri 1 Kateman Year lesson 2015/2016. This
research was conducted in SMA Negeri 1 Kateman. The time required for this study is estimated
to be one and a half months ie from February 2016 to March 2016. From the time of planning until
the writing of the research report. The subjects of this study are students of Class XII IPA 2 SMA
Negeri 1 Kateman 2015/2016 lesson year which amounted to 22 people. The results of the
discussion in this study as follows. The ability to create a student essay at the writing stage
increases in cycle II. Increases occur in almost every aspect observed at each meeting. Learning
by learning the picture and picture model can increase the learner activity in group learning.
There is an increase in the average of end-cycle repeat results. There is an increase in the
number of learners who score e” 75 from one cycle to another cycle. There is an increased
response of learners to learning. Learning the picture and picture model can minimize learning
difficulties learners.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah. 1992. Pembelajaran Menulis. Jakarta:
Bumi Aksara.
Debdiknas. 2005. Bahasa dan Sastra Indonesia.
Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan
pertama.
Ischack. 2005. Belajar dan Mengajar. Bandung:
Rineka Cipta.
Mocklisoh. 1994. Pendidikan Bahasa Indonesia
Jakarta: Universitas Terbuka.
Nasution. 2003. Berbagai Pendekatan dalam
Proses Belajar & Mengajar. Bandung: Bumi
Aksara.
Semi, M. Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan
Menulis. Bandung: Angkasa.
Suprijono, Agus. 2009. Kooperative Learning :
Teori dan PAIKEM. Yokyakarta: Pustaka
Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.