PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK FKIP UNRI
Abstract
Membaca adalah salah satu kemampuan dasar yang penting dikuasai anak sejak dini. Padapendidikan anak usia dini (PAUD), anak belajar membaca mulai dari penguasaan kemampuanyang paling mudah hingga yang lebih kompleks sesuai dengan tahapan perkembangannya.Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah media pick and play berpengaruh terhadapkemampuan membaca dari 16 orang anak berusia 5-6 tahun di level B TK FKIP Unri. Penelitianini menggunakan metode eksperimen dengan one sample test. Data diperoleh melalui observasi,interview dan dokumentasi. Hasil T-Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikandan berdasarkan analisis data, diketahui bahwa skor pretest adalah 41,80% atau berada padakategori sedang, sedangkan skor post test adalah 61,31% atau berada pada kategori baik. Halini mengindikasikan peningkatan kemampuan membaca anak sebesar 26,19%, yang berartibahwa media pick and play dapat meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun diTK FKIP Unri. Penggunaan media pick and play dapat dimanfaat secara umum oleh guru maupunorang tua dalam membantu anak menguasai dan meningkatkan pengetahuannya mengenaikonsep membaca, karena media yang tepat dan interaktif dapat membantu anak belajar dengangembira sambil bermain.
Kata Kunci: kemampuan membaca, anak usia dini, mind mapping
Full Text:
UntitledRefbacks
- There are currently no refbacks.