DAMPAK APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN RUMAH QURANI DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK DI KELAS DAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AYAT AL QURAN DI TK PLUS AL-BURHAN PEKALONGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi model pembelajaran Rumah Qurani dalammeningkatkan Perkembangan Moral anak di kelas dan Kemampuan Menghafal Ayat Al Quran.Penelitian yang dilakukan menggunakan metode eksperimen kuasi terhadap siswa kelas B TKPlus Al Burhan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, dan dokumentasifoto. Adapun analisis data yang dilakukan dengan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menujukkanbahwa dengan model pembelajaran Rumah Qurani perkembangan moral anak di kelas meningkatlebih baik, dengan nilai N-Gain 0,584 pada kelas eksperimen dan 0,327, pada kelas kontrol,kelas eksperimen meningkat 10% lebih baik dari pada kelas kontrol, pada aspek kemampuanmenghafal ayat Al Quran meningkat lebih baik dengan nilai N-Gain 0,751 dan 0,542, pada kelaskontrol pada kelas eksperimen meningkat 20% lebih baik dari pada kelas kontrol. Hal inidikarenakan model pembelajaran Rumah Qurani menggunakan metode-metode yang sesuaidengan dunia anak yang menekankan pada eksplorasi lingkungan, eksplorasi permainan daneksplorasi gerak tubuh anak. Peneliti merekomendasikan agar model pembelajaran RumahQurani digunakan dalam pembelajaran Al Quran untuk meningkatkan perkembangan moralanak di kelas dan kemampuan menghafal ayat Al Quran dengan mengeksplorasi daya kreatifanak dan lingkungan sehingga pembelajaran lebih menyenangkan, efektif dan bermakna, gurujuga hendaknya selalu kreatif dan sistematis dalam melakukan perencanaan kegiatan denganmodel pembelajaran Rumah Qurani baik dalam memilih tema ayat, cerita, dan permainannya,sehingga lebih kontekstual dengan dunia anak.
Kata kunci: Pembelajaran Rumah Qurani, Perkembangan Moral
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.