IDENTIFIKASI TUMBUHAN PENGHASIL BAHAN MAKANAN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT ADAT KENEGERIAN RUMBIO UNTUK PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA KONSEP KLASIFIKASI TUMBUHAN KELAS X SMA
Sari
ABSTRACT
The Researchers have done to collect the data, kind of plants as produce foodstuff and the benefit in society of Rumbio on July-August 2015. Result of research was developing module learning on plant classification concept at senior high school X. This research had two phases. The first phase was collecting the data of plant as produce foodstuffspecies with survey method (interview and observation). Parameter in this research was kind of plants as produce foodstuff in Rumbio tradition society and benefits. The Data analysis used descriptive method. The second phase, develop of module learning from result of research in first phase and used ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation)in 3 phase; analyze, design, development. Result of this research found 75 species and 37 plants of it plants are produce foodstuff in Rumbio Tradition society. Part of plants 36 species was fruit, plants as produce foodstuff in yard on 62% and unworked 38% plants species. The average of result in module learning was Valid on 3,99. So, this module learning may to try in Biologic in Senior High School X.
Keyword: Plants as Produce Foodstuff, Rumbio Tradition Society, Module Learning
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggun Sari Hasibuan, Muhrina.2011.JurnalETNOBOTANI MASYARAKAT SUKUANGKOLA(Studi kasus di Desa Padang Bujur sekitar Cagar Alam DolokSibual-buali, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara). DepartemenKonservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor. (diakses pada tanggal 5 Maret 2015).
Depdiknas.2006.Model Mata Pelajaran Muatan Lokal.Departemen Pendidikan Nasional.Jakarta
Devi Erlinda Mardiyanti, dkk. 2013. Dinamika Keanekaragaman Spesies Tumbuhan Pasca Pertanaman Padi. JURNAL PRODUKSI TANAMAN VOLUME 1 No.1. (diakses pada tanggal 11 Mei 2015).
Dick, W. and Carey, L. 2005. The Systematic Design of Instruction. Allyn and Bacon; 6thed.
Eko Rini Indrayatie. 2009. Distribusi Pori Tanah Podsolik Merah Kuning pada Berbagai Kepadatan Tanah dan Pemberian Bahan Organik. Jurnal Hutan Tropis Borneo 10 (27) : 230. Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru. Banjarbaru.
Febry Anggana, Alvian. 2011. Kajian Etnobotani Masyarakat Di SekitarTaman Nasional Gunung Merapi(Studi Kasus Di Desa Umbulharjo, Sidorejo, Wonodoyo Dan Ngablak).DepartemenKonservasi Sumberdaya Hutan Dan EkowisataFakultas KehutananInstitut Pertanian Bogor. (diakses pada tanggal 5 Maret 2015).
Gembong Tjitrosoepomo. 2009. Klasifikasi Tumbuhan, Penerbit Gajah Mada Indonesia.
Hayati. 2014. Artikel penelitian. Etnobotani Di Desa Beringin Dan Implementasinya Dalam Pembuatan Film Dokumenter Manfaat Keanekaragaman Hayati. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PmipaFakultas Keguruan Dan Ilmu PendidikanUniversitas Tanjungpurapontianak. (diakses pada tanggal 11 Mei 2015).
Heyne. K. 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia Jilid I. Terjemahan Balitbang Kehutanan. Departemen Kehutanan. Jakarta.
Indrawan, Mochamad dkk. 2012. Biologi Konservasi, Edisi Revisi. Penerbit Pustaka Obor Indonesia. Jakarta.
Juliana, Riza Linda, Mukarlina. 2013. Pemanfaatan Tumbuhan Yang Berpot Ensi Sebagai Sumber Pangan Di Gunung Peramas Desa Pangkalan Buton Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Jurnal probion. Vol 2 (3): 117-121. Diaskses pada tanggal 29 September 2015.
J. Klooppenburg dan Versteegh. 1983. Petunjuk Lengkap Mengenai Tanam-Tanaman di Indonesia dan Khasiatnya sebagai Obat-obatan Tradisional.Yayasan Dana Sejahtera dan CD. R.S. Bethesda. Yogyakarta.
Mochammad Indrawan, Richard B. Primack, dan Jatna Supriatna. 2007. Biologi Konservasi (edisi revisi). Yayasan Obor Indonesia. Jakarta.
Nopandry, B. (2007). Hutan untuk masyarakat pemanfaatan lestari hutan konservasi.BuletinKonservasi Alam, 7 (1), 4-8.
Romdhany Irwan.2012.Studi Etnoekologi Pada Suku Sasak Desa Bayam Lombuk Utara,Nusa Tenggara Barat.Skripsi Jurusan Biologi FMIPA UPI.Bandung.
Suryadharma, I. (2008). Diktat kuliah etnobotani.Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Matematikadan Ilmu Pengetahuan Alam. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Titis Maria Yusuf. 2014. Uji Aktivitas Bakteri Rizosfer Actinomycetes dalam mendegradasi limbah cair Pabrik Kelapa Sawit sebagai Pengembangan Bahan Ajar Konsep Pemanfaatan Mikroba Pada Mata Kuliah Mikrobiologi Dasar. Skripsi.Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau.
Ulber Silalahi. 2010. Metode Penelitian Sosial. PT. Refika Aditama. Bandung.
Van Steenis, C.G.G.J. 2006. Flora untuk Sekolah Indonesia. Cetakan Kesebelas. Terjemahan Jurusan Biologi UGM. PT. Pradnya Paramita. Jakarta.
Yustina. 2010. Modul Pembelajaran. FKIP Universitas Riau. Pekanbaru.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.