PENERAPAN STRATEGI BELAJAR SQ4R UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Wida Usmansyah, Herdini Herdini, Jimmi Copriady

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penerapan strategi belajar Survey, Question, Read, Recite, Record, Review (SQ4R) pada pokok bahasan Hidrokarbon di kelas XI Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (MIA) SMAN 3 Pekanbaru. Bentuk penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group pretest-posttest design. Populasi seluruh kelas XI MIA yang terdiri dari tiga kelas, yang selanjutnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas terhadap data nilai test pada materi sebelumnya. Sampel penelitian adalah dua kelas yang memenuhi syarat normalitas dan homogenitas dipilih secara acak, yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan penerapan model pembelajaran Direct Instruction menggunakan strategi belajar SQ4R. Sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Instruction saja. LKPD yang digunakan telah diuji validitas oleh pakar. Hasil pengujian instrumen dikatakan valid dan reliabel. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu arah (pihak kanan). Hasil analisis statistik diperoleh thitung > ttabel ; yaitu 8,67 > 1,67, dengan α = 0,05 dan dk = 67 . Berdasarkan hasil pengujian statistik disimpulkan penerapan strategi belajar SQ4R dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan Hidrokarbon kelas XI MIA SMAN 3 Pekanbaru.


Keywords


SQ4R, Hasil belajar, Hidrokarbon

Full Text:

PDF

References


Gunawan, A., 2016. Penerapan Strategi SQ4R untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Larutan Penyangga Bagi Peserta Didik Kelas XI IPA-1 SMA Negeri 1 Cepiring Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Majalah Ilmiah Inspiratif. 2(2):1- 21

Hamalik, O., 2009, Proses belajar mengajar, Bumi Aksara, Jakarta Hamalik, O., 2014, Kurikulum dan Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta

Hariyanto dan Suyono, 2012, Belajar dan Pembelajaran, Remaja Rosdakarya, Bandung Irianto, A., 2003, Statistika Konsep Dasar dan Aplikasi, Kencana, Jakarta

Martinah, I., 2017, Pengaruh Strategi Survey Question Read Recite Record Review (SQ4R)

terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk

linggau Tahun Pelajaran 2017/2018, STKIP Lubuk linggau, Sumatera Selatan. Purwanto, 2011, Statistika untuk Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Shohimin, A., 2014, 68 Model Pembelajaran Inovetif dalam Kurikulum 2013, Ar-Ruzz

Media, Yogyakarta

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung Sundayana, R., 2014, Statistika Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung


Refbacks

  • There are currently no refbacks.