PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BEHAVIORALLY ANCHOR RATING SCALE DAN MANAGEMENT BY OBJECTIVES (STUDI KASUS PADA PT QWORDS COMPANY INTERNATIONAL)

Siti Noni Evita, Wa Ode Zusnita Muizu, Raden Tri Wahyu Atmojo

Abstract


Di dalam dunia kerja, penilaian kinerja karyawan mempunyai peran penting. Hal ini
berkaitan dengan keputusan yang akan diambil perusahaan, terkait kinerja dari
karyawannya. Sama halnya dengan perusahaan lain, PT Qwords Company
International yang merupakan perusahan jasa web hosting tentu saja melakukan
penilaian kinerja kepada para karyawannya. Metode yang dipakai oleh PT Qwords
Company International, yaitu Graphic Rating Scale serta laporan kerja harian
karyawan. Namun pada pelaksanaannya kedua metode ini dinilai masih belum
efektif. Hal ini dikarenakan masih banyak karyawan yang menganggap formalitas,
penilaian bersifat subjektif, tidak ada standar yang jelas dan terukur, serta feedback
atas capaian kinerja karyawan. Akibatnya karyawan merasa tidak nyaman dan tidak
termotivasi dalam bekerja. Untuk menanggulanginya penulis menyusun metode
penilaian, yakni metode Behaviorally Anchor Rating Scale (BARS) dan Management
by Objectives (MBO). Metode BARS bisa mengatasi masalah penilaian kinerja
karyawan yang cenderung subjektif. Sedangkan, metode MBO mengakomodasi
kebutuhan perusahaan akan standar dan feedback dalam penilaian kinerja
karyawan. Dengan menggunakan kedua metode ini diharapkan dapat
menyelesaikan masalah penilaian kinerja karyawan pada PT Qwords Company
International, hingga akhirnya karyawan bisa bekerja dengan nyaman dan penuh
motivasi.


Keywords


Penilaian Kinerja Karyawan, Behaviorally Anchor Rating Scale, dan Management by Objectives

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.