KESIAPAN DALAM PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KOTA PEKANBARU
Abstract
Pelaksanaan belajar mengajar yang berkualitas di pengaruhi oleh sejauhmana
kesiapan setiap komponen dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui
tentang kesiapan beberapa komponen pembelajaran yaitu kesiapan siswa untuk
belajar, kesiapan guru untuk mengajar, kesiapan materi pelajaran yang di
persiapkan guru dan kesiapan sarana dan prasana belajar yang disedikan sekolah.
Penelitian dilakukan dengan metode survai menggunakan angket kepada 126 siswa
SMK Bisnis dan Manajemen Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menjelaskan siswa
memiliki kesiapan lebih baik untuk belajar (rata-rata=4.20), guru memiliki kesiapan
lebih baik untuk mengajar (rata-rata=4.10), kesiapan materi yang telah buat oleh
guru lebih baik (rata-rata=3.91) dan kesiapan sarana dan prasarana untuk belajar
mengajar adalah lebih baik (rata-rata=4.26). Hasil analisis regresi menjelaskan
pengaruh kesiapan guru dan kesiapan materi pelajaran yang buat guru memberikan
pengaruh yang signifikan 24.3% dan pengaruh kesiapan guru terhadap kesiapan
siswa 8.6%. Diperoleh kesimpulan penelitian ini bahwa pelaksanaan proses belajar
mengajar yang lebih baik di tentukan sejauhmana kesiapan setiap komponen
pembelajaran. Peneliti memberikan saran terhadap lembaga pendidikan pentingnya
mempersiapkan segala kebutuhan pendidikan dan mempersiapkan tenaga pendidik
yang lebih baik.
Kata Kunci: Kesiapan, guru, siswa, sarana, materi pelajaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.