HUBUNGAN ANTARA PENGHARGAAN DIRI DAN KEMAMPUAN MENULIS OLEH SISWA TAHUN PERTAMA DI SMAN 1 PEKANBARU
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penghargaan diri dan kemampuan menulis pada siswa tahun pertama di SMAN 1 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang melibatkan dua variabel. Sampel pada penelitian ini adalah satu kelas yang terdiri dari 36 siswa. Kelas ini dipilih dengan teknik pengambilan acak kelompok. Dalam penelitian ini, kuisioner penghargaan diri dan tes menulis digunakan untuk mengumpulkan data. Data penghargaan diri diperoleh dengan menggunakan serangkaian kuisioner FLSES (Foreign Language Self-Esteem Scale) atau skala ukur penghargaan diri bahasa asing yang di desain oleh Hassan (2001) dan data kemampuan menulis diperoleh dengan memberikan tes menulis. Kedua data tersebut dianalisa dengan menggunakan Pearson Product Moment Correlation. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang rendah antara penghargaan diri dan kemampuan menulis siswa pada nilai korelasi 0.312, sedangkan koefisien korelasinya yaitu sebesar 9.7 %. Penghargaan diri siswa berada pada tingkat “rata-rata” dan kemampuan menulis siswa berada pada tingkat “baik”. Hal ini menunjukkan bahwa penghargaan diri siswa mempengaruhi kemampuan menulisnya. Berdasarkan penemuan ini, barangkali akan lebih baik bagi para siswa untuk memeperhatikan aspek kepribadian seperti penghargaan diri pada proses pembelajaran menulis.
Keywords
Hubungan, penghargaan diri, Kemampuan menulis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.