PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep fisika siswa melalui penerapan model advance organizer pada materi momentum dan impuls. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperiment dengan desain pretest posttest control group design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Rumbio Jaya yang merupakan sampel penelitian dengan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 orang siswa dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 orang siswa. Instrumen penelitian menggunakan soal tes penguasaan konsep. Data dianalisis secara deskriptif dengan melihat daya serap, efektivitas pembelajaran dan hasil skor penguasaan konsep siswa serta dianalisis secara inferensial menggunakan uji T-test. Hasil analisis deskriptif diperoleh daya serap rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 81,61% dengan efektivitas pembelajaran berkategori efektif. Selanjutnya untuk penguasaan konsep tiap indikator kelas eksperimen pada indikator pertama dan kedua diperoleh kategori amat baik, pada indikator ketiga diperoleh kategori sedang dan indikator keempat dengan kategori rendah. Hasil analisis inferensial diperoleh peningkatan yang signifkan penguasaan konsep siswa pada kelas yang menerapkan model pembelajaran Advance Organizer terhadap kelas dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, maka model pembelajaran advance organizer dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi momentum dan impuls kelas X SMAN 1 Rumbio Jaya.
Keywords
Advance organizer, fisika, efektivitas, penguasaan konsep
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.