PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 8 PEKANBARU

Asnitawati Asnitawati

Abstract


ABSTRAK: Hasil belajar biologi siswa di kelas XI semester genap belum memperlihatkan hasil yang optimal pada materi yang membahas fungsi fisiologis organ-organ tubuh manusia. Dari hasil observasi diperoleh data bahwa pada proses pembelajaran guru menggunakan Lembar Kerja Siswa yang disusun oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), belum menggunakan pendekatan santifik. Hal inilah yang memicu penulis untuk melakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa di kelas XI dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis student centered Learning. Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis student centered disusun sedemikian rupa agar memenuhi pembelajaran pendekatan saintifik dengan menggunakan langkah 5 M. Prosedur penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus, akhir dari setiap siklus dilakukan ulangan harian siswa untuk melihat peningkatan hasil belajar yang terjadi. Setelah tindakan siklus I diperoleh rerata hasil belajar siswa sebesar 71,47, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76,31, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis student centered learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Pekanbaru

Keywords


Lembar Kerja Siswa, student centered learning, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.