PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA SMA DI KOTA PEKANBARU, KAB. PELALAWAN, DAN SIAK

Mahdum '

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang (a) profil petaketuntasan dan ketidaktuntasan standar kompetensi (sk) dan kompetensi dasar (kd) tiap pokok bahasanmata pelajaran bahasa Inggris yang di uji dalam ujian nasional; (b) faktor penyebab sehingga siswatidak menguasai sk dan kd; (c) rumusan alternatif pemecahan untuk meningkatkan kompetensi siswa;(d) model implementasi pemecahan masalah. Sampel penelitian terdiri dari tiga unit SMA yang dipilih diKabupaten Siak sebagai wakil dari sekolah Binaan, Kabupaten Pelalawan wakil dari sekolah berkualitasmenengah, dan Kota Pekanbaru wakil dari sekolah unggul. Objek penelitian ini diarahkan pada matapelajaran Bahasa Inggris. Pengumpulan data penelitian ini dikumpulkan melalui (a) Studi dokumentasi,untuk memperoleh data-data ujian nasional mata pelajaran bahasa Inggris; (b) Wawancara (IndephtInterview), untuk memperoleh faktor-faktor yang menyebabkan ketidaktuntasan siswa dalammenyelesaikan soal ujian nasional; (c) Kuesioner, untuk memperoleh data standar pelayanan pendidikan;dan (d) Focus Group Discussion (FGD), untuk menyamakan persepsi dan mengungkap permasalahanketidaktuntasan penguasaan standar kompetensi lulusan dari mata pelajaran bahasa Inggris. Pemecahanmasalah yang dirancang dalam penelitian ini menggunakan “Model Lesson Study”, model ini merupakanmodel alternatif pemecahan masalah dari guru untuk guru, dimana guru membuat perencanaan, gurumelaksanakan pembelajaran dan guru rekan sejawat berasal dari Kabupaten/Kota lain melakukanpengamatan dan memberikan pendapat untuk perbaikan, pengamatan juga dilakukan kepala sekolah,selanjutnya guru dan kepala sekolah menyusun laporan sebagai bahan untuk melakukan DISKUSIPANEL guru Sekolah Menengah Atas Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kabupaten Palalawan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.