PENINGKATAN HASIL BELAJAR GENETIKA MELALUI MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) PADA MAHASISWA BIOLOGI FKIP UNRI
Abstract
Telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar genetika melalui pengajaranlangsung pada mahasiswa biologi FKIP UNRI. Sampel penelitian yaitu mahasiswa semester 4 (empat)yang berjumlah 40 orang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian berupaperangkat pembelajaran dan alat pengumpul data ( lembar test dan lembar observasi mahasiswa). Hasilpenelitian menunjukkan bahwa daya serap mahasiswa pada siklus 1 adalah 74,00 (baik), sedangkanpada siklus 2 adalah 84,38 (baik sekali). Untuk ketuntasan belajar secara klasikal adalah tidak tuntas(75,00%) pada siklus 1 dan siklus 2, tuntas (100,00%). Sedangkan aktivitas mahasiswa pada siklus 1adalah 54,66% (kurang) dan siklus 2 yaitu 62,00% (cukup). Dengan demikian penerapan modelpengajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar genetika pada mahasiswa biologi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.