PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA KONSEP RANCANGAN EKSPERIMEN DALAM MATA KULIAH BIOMETRI

Suwondo '

Abstract


Telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan kemampuan pemecahanmasalah pada konsep Rancangan Eksperimen dalam perkuliahan Biometri, untuk meningkatkan hasilbelajar mahasiswa. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi UNRI pada SemesterGenap Tahun ajaran 2007/2008. Subyek penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliahBiometri terdiri dari 47 mahasiswa ( 5 laki-laki dan 42 perempuan). Penelitian dilaksanakan dengan 2siklus, dimana siklus pertama terdiri dari 2 kali pertemuan dan 1 kali tes ( kuis ). Sedangkan siklus kedua terdiri dari 3 kali pertemuan dan 1 kali tes (kuis) . Parameter yang diamati adalah Hasil belajardan Aktivitas mahasiswaselama proses pembelajaran, dimana analisis data dilakukan secaradeskriptif. Hasil peneltian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar setelah penerapanmodel pembelajaran PBL. Mahasiswa yang memperoleh hasil belajar katagori baik sekali lebihbanyak yaitu 38 orang (80,85%). Aktivitas mahasiswa dalam poses belajar mengajar dikategorikanbaik, dengan rata-rata 67,69%, dan dalam melaksanakan percobaan dikategorikan baik sekali, denganrata-rata sebesar 84,21 %. Penerapan model pembelajaran PBL dipandang efektif diterapkan padamata kuliah Biometri pada konsep rancangan percobaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.