FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KETERAMPILAN CUCI TANGAN PADA ANAK KELAS IV DAN V DI SDN 179 KECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU

Oldhi Hanafi, Siska Mayang Sari, Abdurrahman Hamid

Abstract


Mencuci tangan dengan menggunakan sabun adalah salah satu cara untuk membiasakan anak-anak untuk memiliki gaya hidup bersih yang sehat. Akan tetapi masih banyak orang tua yang masih belum mengajarkan anak-anaknya bagaimana pentingnya mencuci tangan. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keterampilan cuci tangan pada anak kelas IV dan V SDN 179 Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa/siswi kelas IV dan V SDN 179 Kota Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini berjumlah 40 yang diambil dengan teknik stratified random sampling. Penelitian Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan 24 pertanyaan. Analisis data menggunakan uji bivariat chi-square dan fisher exact. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus tahun 2018. Hasil penelitian peran guru berhubungan dengan keterampilan cuci tangan  dengan Pvalue = 0,029 sementara itu dukungan teman sebaya, peran orang tua, dan peran petugas kesehatan tidak berhubungan keterampilan cuci tangan pada anak (Pvalue > 0,05). Diharapkan kepada pihak guru untuk meningkatkan kukungan kepada anak dalam meningkatkan keterampilan cuci tangan pada anak di sekolah

Keywords


Dukungan teman sebaya, peran orang tua, peran petugas kesehatan, peran guru, keterampilan mencuci tangan pada anak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.