HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD PANDAN KABUPATEN TAPANULI TENGAH
Abstract
Mutu pelayanan keperawatan merupakan penampilan/kinerja yang menunjuk pada tingkat kesempurnaan
pelayanan keperawatan yang disatu pihak dapat menimbulkan kepuasan pada setiap pasien sesuai dengan
tingkat kepuasan rata-rata penduduk serta dipihak lain dan tata cara penyelenggaraannya sesuai dengan
standar kode etik profesi yang telah ditetapkan, sedangkan kepuasan pasien merupakan suatu tingkat
perasaan yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan keperawatan yang diperolehnya setelah pasien
membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Jadi mutu pelayanan keperawatan yang diterima oleh
pasien akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan mutu
pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli
Tengah. Desain penelitian yang digunakan adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah
sampel yang ditemukan 72 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik quota sampling. Data
dianalisis dengan menggunakan chi square dengan derajat kemaknaan p<0,05. Hasil penelitian menunjukkan
ada hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Pandan
Kabupaten Tapanuli Tengah dengan p-Value 0,000. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan semakin tinggi
nilai mutu pelayanan keperawatan maka semakin tinggi tingkat kepuasan pasien yang dirasakan dan sebaliknya
semakin rendah mutu pelayanan keperawatan maka semakin rendah tingkat kepuasan pasien yang dirasakan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.