AUDIT KOMUNIKASI KAMPANYE STOP NARKOBA BADAN NARKOTIKA NASIONAL KABUPATEN SERDANG BEDAGAI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis proses audit komunikasi serta menganalisis tanggapan masyarakat yang menghasilkan evaluasi terhadap kampanye Stop Narkoba. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dilakukan di BNNK Serdang bedagai (Sergai) terhadap kampanye Stop Narkoba dari Januari hingga Juni 2017. Audit komunikasi dilakukan secara internal dan eksternal. Secara internal, dilakukan dalam merencanakan dan mempersiapkan pesan kampanye Stop Narkoba dengan teknik Profil Komunikasi Keorganisasian dari Pace & Faules. Sampel yang diambil berjumlah 31 responden pegawai BNNK Sergai. Audit komunikasi eksternal dilakukan dengan melihat tanggapan masyarakat terhadap pelaksanaan kampanye Stop Narkoba. Sampel diambil secara acak dari 2 (dua) kecamatan sebanyak 114 responden.
Hasil audit komunikasi internal dan eksternal diperoleh dalam kategori baik, dengan skor 3.145 dari skala 4. Audit komunikasi internal organisasi mengindikasikan bahwa organsiasi dalam keadaan sehat. Hal ini sejalan dengan Teori Informasi yang dipakai yang dengan melihat aliran informasi dalam organisasi berjalan lancar. Tanggapan masyarakat menunjukkan bahwa strategi komunikasi publik yang dilakukan telah efektif. Meskipun demikian terdapat beberapa hal yang dapat diperbaiki dalam rangka pencapaian keberhasilan kampanye Stop Narkoba dikegiatan selanjutnya, yaitu pemilihan saluran, media, teknik komunikasi dan khalayak yang harus lebih diperhatikan sesuai dengan karakteristik masyarakat yang ada di Kabupaten Sergai.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.