IMPLEMENTASI PROGRAM COORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PROVINSI RIAU
Abstract
Kebijakan pemerintah mewajibkan perusahaan untuk melaksanakan program CSR di lingkungan
sekitar perusahaan, tujuanya masyarakat ikut memperoleh manfaat dari adanya perusahaan di wilayah
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk Implementasi Program
Coorporate Social Responsibility (CSR) Chevron dalam meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat. Metode
penelitian yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk implementasi program CSR atau investasi
sosial Chevron saat ini adalah Program Investasi Sosial bidang Kesehatan dalam bentuk Program Pengembangan
Kapasitas untuk Peningkatan Pelayanan Posyandu (CAPS), Program peningkatan akses air bersih
dan sanitasi (IAC). Program Investasi Sosial bidang Pendidikan dan pelatihan kejuruan dalam bentuk Memberikan
beasiswa, University Relationship Program (URP), Pelatihan kejuruan untuk tenaga kerja dan wirausahawan
(VOTEE). Program investasi bidang ekonomi dalam bentuk program dukungan pertanian terpadu
berkelanjutan khusus mikro kecil dan akses keuangan (PRISMA), Local Busness Development (LBD)
atau pengembangan usaha tempatan. Program Investasi Sosial Bidang Lingkungan seperti Bank sampah,
Program Kampung Iklim (Proklim), Konservasi harimau dan gajah sumatera/ kerjasama internasional konservation,
Program Adiwiyata. Penerapan program CSR tersebut merupakan bentuk implementasi dari
konsep tata kelola perusahaan yang baik. Program CSR merupakan investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan
dan keberlanjutan perusahaan.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.