PELAKSANAAN KOMUNIKASI INTERNAL DALAM GAYA KEPEMIMPINAN BIRO HUMAS LEMBAGA TINGGI NEGARA
Abstract
Sebuah organisasi memerlukan seorang pemimpin yang dapat menjalankan tugas, fungsi dan
peran organisasi. Gaya kepemimpinan diwujudkan melalui gaya kerja atau cara bekerja sama serta pola
perilaku dengan orang lain dengan tujuan untuk mempengaruhi suatu kelompok menuju pencapaian sebuah
visi atau tujuan yang ditetapkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi
internal dalam gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Internasional
Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia BPK-RI). Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan teori gaya kepemimpinan dan teori birokrasi Max Weber. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa Biro Humas dan Kerja Sama Internasional BPK RI memenuhi karakter birokrasi Max Weber dan
menerapkan salah satu gaya kepemimpinan yang dikemukakan oleh Likert dalam melakukan komunikasi
internal.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.