STRATEGI KOMUNIKASI INOVASI DALAM PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa strategi komunikasi inovasi
dalam mengembangkan potensi desa wisata meskom di Kecamatan Bengkalis. Selain itu,
penelitian ini juga ingin mengetahui faktor yang mempengaruhi dari strategigi komunikasi.
Penelitian ini menggunaskan metode kualitatitaf dengan studi deskriptif. Teknik pengumpulan
data dari penelitian ini melalui wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan
dokumentasi. Strategi komunikasi dari Kecamatan Bengkalis dalam mengembangkan Desa
Wisata tidak cukup baik, meskipun pemerintah menggunakan strategi yang sama dengan
langkah-langkah yang sama untuk mencapai tujuan. Pembuatan strategi oleh pemerintah
tidak melibatkan masyarrakat. Implementasi strategi komunikasi dari pemerintah Bengkalis
denganmenggunakan beberapa media komunikasi seperti: brosur, pamphlet,pameran, dan
lain-lain. Tetapi strategi ini selalu berdampak pada psikologisosial dan sebagian dari orang-
orang tidak ikut berpartisipasi dalam lingkungan social, intensitas penggunaan media
komunikasi dan proses adopsi tanpa komunikasi berkelanjutan.
Kata Kunci : strategi komunikasi, pariwisata, inovasi, dan pemerintah
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.