MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SISWA KELAS IX 5 SMP NEGERI 17 PEKANBARU

T. Etty Betriza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran
inkuiri terbimbing pada materi listrik dinamis di kelas IX 5 SMP Negeri 17 Pekanbaru. Berdasarkan
permasalahan siswa di kelas IX 5 dalam pembelajaran IPA Fisika yaitu: siswa menganggap fisika sulit dan
hasil belajar sebahagian siswa masih di bawah kriteria ketuntasan minimal, maka perlu diterapkan model
pembelajaran inkuiri terbimbing, yaitu salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus pada materi listrik dinamis. Subjek
penelitian adalah siswa kelas IX 5 SMP Negeri 10 yang berjumlah 42 orang. Instrumen penelitian yaitu tes
hasil belajar (postest) dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes hasil belajar
yang diberikan setelah satu siklus dilaksanakan sesuai dengan materi yang dibahas. Hasil belajar siswa
dikumpulkan dan dianalisis secara deskriptif untuk memberikan gambaran tentang peningkatan hasil belajar
siswa. Hasil kajian diperoleh peningkatan hasil belajar dari sikus I hingga siklus III yaitu pada siklus I siswa
yang tuntas 69.05% dengan nilai rerata 80.6, pada siklus II siswa yang tuntas 85.71% dengan nilai rerata 82.5
dan pada siklus III siswa yang tuntas 95.24% dengan nilai rerata 83,3. Dengan demikian penerapan
pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar ipa fisika siswa kelas IX 5 smp negeri 17
Pekanbaru pada materi listrik dinamis.


Keywords


hasil belajar; inkuiri terbimbing; listrik dinamis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Geliga Sains



Jurnal Geliga Sains Terindexs:

- Google Scholar

- Garuda