PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SMA NEGERI 12 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan pembelajaran konvensional. Jenis
penelitian adalah quasi eksperimen, dan pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar kognitif. Dari analisa data untuk hasil
belajar kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest 46,667 dan postes 73,714. Kelas kontrol diperoleh ratarata
pretest 40,381 dan postes 60,761. Hasil analisis data menggunakan uji t satu pihak, dimana uji t
diperoleh thitung = 4,056 sedangkan ttabel = 1,668 karena thitung > ttabel maka ada perbedaan yang signifikan. Hal
ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap
hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X Semester II SMA Negeri 12 Medan T.P
2016/2017.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Geliga Sains
Jurnal Geliga Sains Terindexs:
- Google Scholar
- Garuda