PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI MIPA1 SMA NEGERI 12 PEKANBARU

Desta Velly

Abstract


Hasil tes belajar siswa kelas XI MIPA1 SMA Negeri 12 Pekanbaru pada materi fisika, menunjukkan hampir
lebih dari setengah siswa belum mampu menyelesaikan soal-soal dengan baik, maka diperlukan perbaikan
atau inovasi pembelajaran. Problem Based Learning adalah salah satu model pembelajaran yang
direkomendasikan dalam implementasi kurikulum 2013 karena model ini terbukti mampu menstimulasi
kemampuan berfikir tingkat tinggi dengan perancangan masalah dalam konteks nyata. Tujuan dari penelitian
tindakan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam penerapan model Problem
Based Learning pada pembelajaran Fisika. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA1, SMA Negeri 12
Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Hasil
penelitian ini diperoleh data tes hasil belajar siswa siklus I dengan daya serap sebesar 59,0 %, pada siklus II
daya serap sebesar 69,3 %, aktivitas siswa pada pembelajaran siklus I dan siklus II kategori aktif. Oleh
karena itu, penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fiska bagi
siswa kelas XI MIPA1, SMA Negeri 12 Pekanbaru..


Keywords


aktivitas belajar; hasil belajar fisika; Problem Based Learning

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Geliga Sains



Jurnal Geliga Sains Terindexs:

- Google Scholar

- Garuda