Perbedaan Reaksi Pasar Terhadap Publikasi Corporate Governance Perception Index Pada Perusahaan Top 10 Dan Non Top 10 (Berdasarkan Survey IICG)

Azhari Sari, Yenita Ernas

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui reaksi pasar yang timbul dari publikasi CorporateGovernance Perception Index (CGPI) sekaligus membuktikan adanya perbedaan reaksi pasar tersebutantara perusahaan Top 10 dan perusahaan Non top 10 CGPI. Pengujian ini menggunakan variableabnormal return dan volume perdagangan saham sebagai indikator penilaian reaksi pasar. Sampelpenelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling method. Populasi penelitian iniberjumlah 148, Selanjutnya, diperoleh 84 perusahaan sebagai sample penelitian yang terbagi atas : 26perusahaan Top 10 dan 58 perusahaan Non top 10. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakanprogram SPSS 13.00.Hasil ujihipotesis menunjukkan bahwa publikasi CGPI menimbulkan reaksi pasar yang signifikan baikpada perusahaan Top 10 maupun Non top 10 yang terlihat dari adanya abnormal return dan volumeperdagangan yang signifikan. Selanjutanya publikasi CGPI tidak menimbulkan perbedaan abnormalreturn yang signifikan pada perusahaan Top 10 maupun perusahaan Non top 10. Namun sebaliknya,publikasi CGPI menimbulkan adanya perbedaan volume perdagangan saham yang signifikan antaraperusahaan Top 10 dan perusahaan Non top 10.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
web
counter