Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Listing Dibei

Rita Anugerah, Roland Hutabarat, W. Faradilla

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan,leverage dan profitabilitas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosialperusahaan (corporate social responsibility - CSR) pada perusahaan manufakturyang listing di Bursa Efek Indonesia. Tanggungjawab sosial perusahaan meliputitema lingkungan, tema energi, tema kesehatan dan keselamatan kerja, tema Iain-lain tenaga kerja, tema produk, tema keterlibatan masyarakat, dan tema umum.Populasi penelitian ini adalah 151 perusahaan yang terdqftar sebagaiperusahaan manufaktur sesuai pengklasifikasian ICMD 2008. Sampel penelitianini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga diperolehsampel sebanyak 11 perusahaan selama 3 tahun penelitian. Data dianalisisdengan menggunakan metode analisis regresi tinier berganda dengan bantuanprogram SPSS 15.00.Hasil analisis regresi yang dilakukan menunjuldam bahwa, pada pengujiansecara parsial variabel ukuran perusahaan dan profitabilitas secara signifikanberpengaruh positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan,sedangkan variabel leverage secara statistik berpengaruh negatif tetapi tidaksignifikan terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
web
counter