PENGARUH PEMBIAYAAN, KAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Puspha Sonia, Emrinaldi Nur DP, Enni Savitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mrngetahui dan menganalisa pengaruh
pembiayaan, kas, dan ukuran perusahaan terhadap Islamic Social Reporting (ISR) dengan
profitabilitas sebagai variabel intervening. Penelitian dilakukan padaBank Umum Syariah (BUS) yang
terdaftar di Indonesia tahun 2012–2015 dengan teknik pengambilan sampel secarapurposive sampling.
Teknik analisis data menggunakan metode Analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian
menunjukkan pembiayaan dan ukuran perusahaan berpengaruh secara langsung terhadap ISR sedangkan kas
tidak berpengaruh secara langsung terhadap ISR. Variabel pembiayaan dan ukuran perusahaan
berpengaruh secara langsung terhadap profitabilitas, sedangkan kas tidak berpengaruh secara
langsung terhadap profitabilitas. Serta pembiayaan dan ukuran perusahaan menunjukkan pengaruh
secara tidak langsung terhadap ISR melalui profitabilitas, sedangkan kas menunjukan tidak
berpengaruh secara tidak langsung terhadap ISR melalui profitabilitas sebagai variabel intervening.


Keywords


Pembiayaan, kas, ukuran perusahaan, profitabilitas, Islamic Social Reporting (ISR)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ekonomi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
web
counter