PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA KARTU KFC MUSIC HITTER PADA KFC SUDIRMAN PEKANBARU

Jushermi ', Ari Asriandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabelrelationship marketing yang ditinjau dari variabel kepercayaan, komunikasi,shared value dan empati terhadap loyalitas pengguna kartu KFC Music Hitterpada KFC Sudirman Pekanbaru.Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probabilitysampling (purpossive sampling), dan sampel yang digunakan dalam penelitian iniberjumlah 97orang yang telah menjadi anggota KFC Music Hitter. Dalampenelitian ini variabel bebasnya adalah kepercayaan (X1), komunikasi (X2),shared value (X3) dan empati (X4) . Sedangkan variabel terikatnya adalahloyalitas pelanggan (Y). Metode analisis data yang digunakan dalam penelitianini adalah skala likert bertingkat yang terdiri dari lima alternatif jawaban yangmengandung variasi nilai bertingkat. Teknik analisis data dalam penelitian inimenggunakan analisis linier berganda dan pengujian hipotesis koefisien regresi(koefisien determinasi, uji signifikan serentak/ Uji F, dan uji signifikan individual/Uji t).Dari hasil penelitian diperoleh bahwa variabel kepercayaan, komunikasi, sharedvalue dan empati secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadaployalitas pelanggan. Dari hasil uji parsial diperoleh bahwa variabel shared valuememberikan kontribusi lebih besar dibandingkan variabel kepercayaan,komunikasi dan empati terhadap loyalitas pelanggan.

Kata Kunci :Kepercayaan, Komunikasi, Shared value, Empati, LoyalitasPelanggan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
web
counter