STRATEGI PEMERINTAH INDONESIA MENGHADAPI KEBIJAKAN CONTRA-BANED NIGERIA

Debistri Sarfati

Abstract


Strategi Pemerintah Indonesia Menghadapi Kebijakan Contra-Baned Nigeria. Penelitian
ini merupakan kajian ekonomi politik internasional yang menganalisis mengenai strategi Pemerintah
Indonesia menghadapi kebijakan Contra-Baned Nigeria terkait ekspor produk non migas Indonesia
tahun 2010-2013. Nigeria merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk paling besar di
Kawasan Afrika dan terkenal sebagai sebuah negara penghasil migas terbesar. Oleh karena itu
Indonesia menjadikan Nigeria sebagai tujuan ekspor non migas walaupun disatu sisi Pemerintah
Nigeria sering menetapkan kebijakan proteksi impor yang menyulitkan Pemerintah Indonesia. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melukiskan keadaan
subyek dan obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta secara empiris. Penulis
mengumpulkan data dengan menggunakan teknik studi pustaka yang dikumpulkan dari beberapa
buku, jurnal, media massa serta beberapa situs media internet lainnya yang berhubungan dengan
permasalahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Pemerintah Indonesia
dalam memasarkan produk non migas ke Nigeria dilakukan dengan membentuk Indonesia Trade
Promotion Centre Lagos Nigeria sebagai misi perdagangan, Indonesia Trade Promotion Centre
Nigeria mengadakan pameran perdagangan. sedangkan faktor penghambat strategi pemerintah
indonesia adalah ketidakstabilan politik dan keamanan di Nigeria, persaingan dengan negara lain
dalam pemasaran produk ke Nigeria dan kebijakan proteksi perdagangan Nigeria.


Keywords


strategi, kebijakan, contra baned, dan perdagangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.