PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF-KOLABORATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 004 DESA KUAPAN KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Abstract
Objek penelitian ini adalah penggunaan Model Kooperatif-Kolaboratif dalam Pembelajaranbahasa Indonesia di Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 004 Desa Kuapan, Kecamatan Tambang,Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Yang ditelaah adalah silabus dan RPP, cara guru membuka danmenutup pembelajaran, variasi stimulus pembelajaran, penguatan, partisipasi dan aktivitas gurupendamping, aktivitas siswa, hal-hal yang didiskusikan guru setelah pembelajaran, dan hambatandalam penggunaan model kooperatif-kolaboratif. Teknik yang digunakan yakni observasi pelaksanaanpembelajaran, wawancara, dan teknik catat terhadap silabus dan RPP. Secara umum, penggunaanmodel pembelajaran kooperatif-kolaboratif guru bahasa Indonesia belum efektif, baik nonteachingmapun teaching.Kemampuan menyusun silabus dan RPP guru sangat rendah meliputi semua unsursilabus dan RPP. Kemampuan guru membuka dan menutup pembelajaran kurang baik. Kemampuanguru dalam pelaksanaan pembelajaran berkategori kurang baik. Kemampuan guru membuat variasistimulus pembelajaran berkategori cukup. Kemampuan bertanya guru dalam proses pembelajaranberkategori cukup. Keterampilan memberi penguatan berkategori cukup. Guru pendamping dalampembelajaran kooperatif tergolong aktif dalam membantu siswa.demikian juga siswa dalampembelajaran tergolong aktif sesuai dengan keaktifan guru.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.