IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT PENYELENGGARAAN E-KTP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis implementasi E-Government pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil KotaPekanbaru studi kasus penyelenggaraan E-KTP di Kecamatan Pekanbaru Kota dan mengetahui apasaja kendala dalam implementasi E-KTP. E-KTP merupakan kebijakan pemerintah pusat yang berkerjasamadengan pemerintah daerah agar tercipta indentitas penduduk tunggal yang tidak bisa digandakandan pelayanan publik menjadi lebih efektif dan efisien. Fokus penelitian ini yaitu untuk menganalisadalam hal penyelenggaraan E-KTP khususnya dalamcara mendapatkan E-KTP oleh masyarakat danbagaimana penerapannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif,pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan pegawai dinaskependudukan dan pencatatan sipil, pegawai UPTD di Kecamatan Pekanbaru Kota dan masyarakatwajid E-KTP. Hasil penelitian menunjukkan implementasi E-KTP di Kecamatan Pekanbaru Kota masihbanyak masyarakat yang belum melakukan perekaman, kurangnya kesadaran masyarakat mengenaipentingnya E-KTP, komunikasi yang kurang baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah,masih kurangnya sumberdaya dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga program E-KTP belum maksimal di Kecamatan Pekanbaru Kota.
Kata Kunci: E-KTP, e-goverment, sosialisasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.