KOMITMEN ORGANISASI, KEADILAN ORGANISASI, DAN KUALITAS PELAYANAN
Abstract
Penelitian inibertujuan untuk manganalisis dan meneliti sejauh mana pengaruh variabel komitmen dan keadilanorganisasi secara bersama-sama dan parsial terhadap kualitas pelayanan pegawai Rumah SakitUmum Daerah Arifin Achmad bagian layanan umum. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah deskriptif dan survai, pengumpulan data primer melalui kuisioner terhadap 93 pegawai rumahsakit umum daerah arifin achmad bagian layanan umum, analisis didukung data primer dan skundermelalui kuisioner, wawancara serta data rumah sakit yang berkaitan dengan masalah yang diteliti.Hasilpenelitian menunjukkan, bahwa kontribusi variabel komitmen dan keadilan organisasi signifikansiterhadap kualitas pelayanan pegawai dengan nilai F tabel (F hitung = 940,941 > F tabel = 3,10)dengan sumbangan koefisien determinasi (R2) 95.4% dengan sisa 4.6%, kontribusi komitmenorganisasi secara parsial signifikan dari tabel (t hitung = 10,531 > t tabel = 1.661) dengan koefisiendeterminasi (r2) 75.4% sedangkan variabel keadilan organisasi parsial signifikan dengan nilai t tabel(t hitung = 19,897 > t tabel = 1.661) dengan koefisien determinasi (r2) 89.8%. Komitmen dan Keadilanorganisasi merupakan dua faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Makin tinggikomitmen dan keadilan organisasi, makin tinggi pula tingkat kualitas pelayanan.
Kata Kunci: kualitas pelayanan, komitmen organisasi, keadilan organisasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.