PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA
Abstract
Abstrak Penelitian ini berangkat dari upaya membangun ketertarikan dan apresiasi siswa terhadap pelajaran matematika, sebagai bentuk implementasi dari Kurikulum 2013. Dengan terbangunnya kedua hal tersebut akan memudah guru memfasilitasi siswa dalam belajar matematika. Salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang dipandang memberikan kontribusi terhadap kedua aspek afektif di atas adalah pendekatan Pendekatan Matematika Realistik (PMR).Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Kandis, dengan sampel sebanyak 119 orang. Permasalahan penelitian yang dikaji adalah: (1) Bagaimana deskripsi Disposisi Matematika (DM) siswa yang dibelajarkan dengan PMR dan PK; (2). apakah terdapat perbedaan DM siswa antara yang dibelajarkan dengan pendekatan PMR dengan PK diitinjau dari keseluruhan siswa dan setiap level KAM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara umum DM siswa yang dibelajarkan dengan PMR lebih baik dibandingkan dengan PK; (2) terdapat perbedaan DM yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan melalui PMR dengan PK; (3) berdasarkan level KAM, tidak terdapat perbedaan DM siswa pada level rendah dan tinggi.
Kata Kunci : Disposisi Matematis, PMR
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.