PERANAN PENGENDALIAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia)

H. M. Nur Mustafa

Abstract


Abstrak Capaian hasil belajar menjadi dasar ukuran untuk mengetahui keberhasilan belajar mahasiswa. Untuk mencapai hasil yang maksimal, seorang mahasiswa harus memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar. Beberapa institusi kerja ada yang menggunakan indeks prestasi belajar mahasiswa untuk penerimaan tenaga kerja. Namun kenyataannya, banyak pula mahasiswa yang memiliki hasil belajar rendah karena faktor motivasi. Pentingnya peranan pengendalian motivasi ini dalam belajar perlu dipahami oleh mahasiswa sejak dini. Dasar itu mendorong dilakukan penelitian ini melalui metode penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasional pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Riau, dengan sampel 92 orang. Analisis data menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa berkategori baik atau tinggi. Peranan pengendalian motivasi belajar tersebut terhadap capaian hasil belajar mahasiswa sebesar 50,6%. Dengan tingkat motivasi seperti itu, mahasiswa mampu memperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 82,32 dengan kategori tinggi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.