PETA KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MURID-MURID KELAS V SD PEKANBARU

Auzar '

Abstract


AbstrakPenelitian pemetaan kemampuan membaca pemahaman murid-murid SD kelas V Pekanbaru bertujuan untuk memberikan gambaran kemampuan yang menyeluruh mengenai aspek-aspek membaca, seperti isi bacaan, ide pokok, tema, simpulan, dan pesan pengarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan kelompok atau strata, yaitu kelompok kelas atas, menengah, dan bawah.Berdasarkan pengelompokan ini ditetapkan sampel sebanyak 1.088 murid.Data penelitian diperoleh dengan teknik tes membaca pemahaman dengan jawaban pilihan ganda.Tes dilakukan untuk memperoleh data pemahaman isi bacaan, ide pokok paragraf, tema bacaan, simpulan, dan pesan pengarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata membaca pemahaman isi berada pada tingkat 79,76 (baik), kemampuan membaca pemahaman ide pokok berada pada tingkat 61,64 (sedang), kemampuan membaca pemahaman tema berada pada posisi 20,36 (gagal), kemampuan membaca pemahaman simpulan berada pada tingkat 62,10 (sedang), dan kemampuan membaca pemahaman pesan pengarang berada pada tingkat 69,31 (sedang). Secara keseluruhan, rata-rata kemampuan membaca pemahaman murid-murid kelas V SD Pekanbaru barada pada tingkat 58,63% atau berkategori kurang

.Kata kunci: pemetaan, membaca, kemampuan, pemahaman


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.