TINGKAT PEMAHAMAN PENDIDIK PAUD SE-PROVINSI RIAU MENGENAI TUJUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Berdasarkan Aspek Emosi, Motorik, Sosial, Intelektual, dan Akademik)

Daviq Chairilsyah ', Rita Kurnia '

Abstract


AbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana tingkat pemahaman guru PAUD se-Provinsi Riau tentang tujuan pendidikan Anak Usia Dini berdasarkan aspek emosi, motorik, sosial, intelektual, dan akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan angket sebagai alat ukur untuk menggali tingkat pemahaman guru PAUD se-Provinsi Riau tentang tujuan pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini berlokasi di 12 (dua belas) kabupaten/kota se-Provinsi Riau dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 274 responden yang mewakili guru PAUD di setiap kabupaten/kota se-Provinsi Riau. Data yang diperoleh dari angket dianalisa dengan menggunakan rumus persentase dan hasilnya adalah sebesar 83,55%. Hal ini berarti secara umum tingkat pemahaman guru PAUD se-Provinsi Riau tentang tujuan pendidikan Anak Usia Dini berada pada kategori sangat baik. Untuk aspek emosi sebesar 87%, artinya tingkat pemahaman guru PAUD se-Provinsi Riau tentang tujuan pendidikan Anak Usia Dini berada pada kategori sangat baik. Aspek motorik sebesar 82%, artinya tingkat pemahaman guru PAUD se-Provinsi Riau tentang tujuan pendidikan Anak Usia Dini berada pada kategori sangat baik. Sosial sebesar 91%, artinya tingkat pemahaman guru PAUD se-Provinsi Riau tentang tujuan pendidikan Anak Usia Dini berada pada kategori sangat baik. Intelektual sebesar 83%, artinya tingkat pemahaman guru PAUD se-Provinsi Riau tentang tujuan pendidikan Anak Usia Dini berada pada kategori sangat baik. Akademik sebesar 78%, artinya tingkat pemahaman guru PAUD se-Provinsi Riau tentang tujuan pendidikan Anak Usia Dini berada pada kategori baik.

Kata kunci: tujuan pendidikan PAUD, emosi, motorik, sosial, intelektual, akademik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.