IDENTIFIKASI MODAL PARAMETER STRUKTUR
Abstract
Identifikasi modal parameter sebuah struktur bisa didapatkan melalui dua tahapan yaitu,pengukuran di lapangan dan analisis data hasil pengukuran tersebut dengan menggunakanmetode analisis modal. Metode analisis modal dikelompokan menjadi dua yaitu, analisis modalpada frequency domain dan analisis modal pada time domain. Salah satu metode analisis modalpada time domain adalah Eigensystem Realization Algotrihm (ERA). Modal parameter strukturyang dapat dicari adalah frekuensi alami, faktor redaman dan mode shape.Penelitian ini akanmengidentifikasi parameter modal struktur dari Jembatan Siti Nurbaya, Padang. Prosesidentifikasi menggunakan data pengukuran jembatan Siti Nurbaya yang kemudian dicari freeresponse-nya dengan Random Decrement Technique (RDT) lalu dicari modal parameter-nyamenggunakan ERA. Metode ERA pada penelitian ini menggunakan Single Input Single Output(SISO). Validasi dari metode RDT-ERA dilakukan dengan mengidentifikasi modal parameteryang berupa frekuensi alami dari benda uji yang berupa pelat tipis kantilever di laboratoriumyang kemudian dibandingkan dengan hasil analisis modal dengan Metode Elemen Hingga danFast Fourier Transform (FFT).Validasi metode RDT-ERA di laboratorium menghasilkan errordi bawah 1% untuk nilai frekuensi alami sedangkan untuk mode shape didapatkan bentuk yangtidak sesuai dengan hasil mode shape pada MEH. Dengan demikian, pada Jembatan SitiNurbaya digunakan metode RDT-ERA untuk mengidentifikasi frekuensi alami sedangkanuntuk mode shape digunakan metode Frequency Response. Analisis data pengukuran jembatanSiti Nurbaya, baik itu frekuensi alami dengan RDT-ERA dan mode shape dengan FrequencyResponse, menghasilkan nilai yang tidak konsisten. Hal ini diduga akibat data pengukuranlapangan yang tidak dilakukan filtering terlebih dahulu.
Kata kunci: Analisis Modal, Frekuensi, Alami, Mode Shape, Sistem Identifikasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.